Senin, 04 April 2011

Cantik dengan Bahan Alamiah

Buah-bauhan dan bahan alamiah lainnya mengandung berbagai vitamin, mineral dan senyawa-senyawa yang berkhasiat untuk perawatan kecantikan. Anda bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang ada dirumah Anda dan harganya pun lebih murah dari produk komersial yang ada dijual di counter kosmetik. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, sebaiknya Anda simak beberapa langkah dibawah ini.
1. Masker untuk mengatasi ujung rambut terbelah.
Cara terbaik mengatasi ujung rambut terbelah adalah memotong rambut secara teratur. Jika Anda belum sempat karena jadwal padat maka cobalah ramuan berikut ini. Bahan yang Anda perlukan adalah 1 butir kuning telur, 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu. Campur rata bahan-bahan tersebut. Oleskan campuran pada rambutyang sudah dibasahkan. Tutup dengan bungkus plastik atau plastic wrap. Diamkan 30 menit lalu cuci rambut seperti biasa. Kandungan madu mampu melembabkan sementara minyak zaitun dan lecithin di dalam telur berfungsi sebagai sealant yang mengatasi rambut terbelah secara temporer.
2. Masker Avokad untuk rambut kering keriting.
Bagi Anda yang memiliki rambut keriting yang cenderung kering maka Anda bisa lembabkan rambut Anda dengan mencoba masker berikut ini. Bahan yang Anda perlukan adalah 1/2 buah avokad yang sudah dihaluskan dan 1 cup mayonnaise. Cara membuatnya adalah mencampur avokad dengan mayonnaise hingga rata. Oleskan pada rambut kering, bungkus dengan plastik wrap. Berikan hawa panas dari blow dryer selama 5 menit dan cuci rambut hingga bersih. Avokad mengandung vitamin A, D dan E, pelembab ampuh yang melapisi dan membantu menutup lapisan kutikula rambut. Hasilnya rambut halus dan rambut keriting yang lebih rapi.
3. Masker madu dan susu untuk wajah lebih ceria.
Vitamin A dan D dalam susu dan vitamin C, B dan E dalam madu memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit menjadi sehat dan cerah. Bahan yang Anda perlukan adalah 2 cup susu, 1 sendok makan bubuk cocoa, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan bubuk havermount dan 1/2 buah avokad yang sudah dihaluskan. Cara membuatnya adalah mencampurkan semua bahan hingga rata. Oleskan pada wajah dengan menggunakan handuk basah hangat. Panas membantu melepaskan vitamin-viatmin dan diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih dengan air hangat dan keringkan kulit dengan cara menekan-nekan dengan handuk.
4. Masker pisang untuk awet muda.
Jika Anda ingin awet muda sebaiknya Anda coba kenakan masker ini. Ternyata pisang yang matang bisa Anda manfaatkan sebagai masker. Caranya adalah memotong separuh pisang dan haluskan dalam mangkuk kecil. Oleskan pada seluruh wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 10 menit. Bilas bersih dengan air hangat. Potassium di dalam pisang mampu melembabkan kulit. Kandungan antioksidan vitamin A mencegah penuaan yang disebabkan radikal-radikal bebas. Hasilnya wajah Anda akan halus, cerah dan.awet muda.
5. Cerahkan wajah Anda dengan scrub alami.
Campurkan 1 kantong havermut polos dengan 1/2 cup air hingga berbentuk adonan. Oleskan pada wajah dan pijatkan pada kulit, tapi Anda harus hindari daerah sekitar mata. Gosok pelan dengan gerakan. memutar. Bilas bersih lalu ikuti dengan mengoleskan pelembab. Tekstur butiran dari havermut secara lembut mengangkat kulit kering sehingga lapisan kulit yang lebih cerah tersingkap.
Manfaatkan akhir pekan Anda dengan memanjakan wajah. Buatlah bahan masker dari bahan-bahan di sekitar Anda. Mudah dibuat, dan sudah tentu murah.
1. Masker Madu.
Untuk hasil yang baik, bersihkan wajah dengan washlap yang telah dibasahi air hangat untuk membuka pori-pori. Oleskan madu ke seluruh permukaan wajah. Untuk kulit sensitif dan bermasalah, campurkan madu dengan oatmeal. Oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 15-30 menit. Basuh dengan air hangat, lalu air dingin untuk menutup pori-pori.
2. Exfoliating Mask.
Masker ini mampu membantu proses pengelupasan dan pengangkatan sel kulit mati di sekitar wajah. Campurkan 3 sendok makan olive oil dengan 1 sendok makan garam kosher atau garam laut biasa yang mudah ditemui. Oleskan pada kulit wajah yang kering dan hindari lingkar mata. Masker ini pun sangat berguna untuk menghaluskan daerah kulit yang kasar, seperti tumit, dengkul, dan siku tangan.
3. Masker Putih Telur.
Pisahkan putih telur dengan kuning telurnya. Cukup oleskan putih telur ke seluruh wajah hingga mengering. Bersihkan dengan air. Selain bersih, wajah akan terasa kencang setelah dimasker putih telur. Cocok untuk kulit wajah normal dan cenderung berminyak. Sisa kuning telur yang tak terpakai, dapat Anda masak dengan campuran bahan masakan lain.
4. Masker Kuning Telur.
Pisahkah kuning telur dari putih telurnya. Oleskan kuning telur ke seluruh wajah dan leher, biarkan selama 30 menit. Bersihkan dengan air dingin. Kuning telur yang mengandung banyak vitamin A ini mampu membantu menghilangkan noda bekas jerawat. Sangat cocok untuk kulit wajah berminyak.
5. Masker Wortel
Untuk kulit normal dan cenderung berminyak. Wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi serta sumber vitamin C dan potasium. Dan madu mengandung fruktosa, glukosa, asam amino, vitamin, dan mineral.
• 2-3 buah wortel yang berukuran cukup besar
• 4 1/2 sendok makan madu
Rebus wortel lalu hancurkan hingga lembut. Campurkan dengan madu. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga 10 menit. Bersihkan dengan air dingin.
6. Masker Apel
Untuk kulit berminyak dan berjerawat
• 1 buah apel berukuran sedang (diparut)
• 5 sendok makan madu
Campurkan parutan apel dengan madu sebagai masker. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit. Cuci wajah hingga bersih dengan air dingin.
7. Masker Stroberi
Untuk kulit berminyak. Stroberi mengandung vitamin C lebih banyak dari pada jeruk. Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C dapat mencegah penyakit kanker.
• 8-9 buah stroberi
• 3 sendok makan madu
Hancurkan stroberi dengan menggunakan garpu, lalu campurkan dengan madu. Jangan gunakan

0 komentar:

Posting Komentar