Senin, 04 April 2011

Beberapa Cara Mengatasi Ketombe


 Cara Pertama :
Rambut adalah mahkota bagi wanita, namun sangat sayang rasanya jika mahkota kita yang indah itu harus ternodai oleh ketombe. Diantaranya akibat stres, letih, malas keramas, terlalu banyak menggunakan produk rambut dan rambut Anda terlalu sering dicatok, blow, dikeringkan atau diwarnai. Selain itu ternyata makanan pedas, panas dan berminyak pun bisa menjadi pemicu timbulnya ketombe. Ditambah lagi udara yang lembab.Jika ketombe mulai mengganggu segera atasi dengan seksama. Caranya?
1. Pakai shampo anti ketombe secara teratur. Namun sebelumnya Anda harus yakin bahwa shampo yang    Anda gunakan cocok dengan jenis rambut Anda. Jika tidak cocok bukannya menghilang, ketombe akan semakin merajalela.
2. Cucilah rambut Anda dengan air dingin. Air dingin sangat efektif untuk merontokkan ketombe.
3. Hindari makan makanan yang pedas, panas dan berminyak.
4. Jangan sering berganti shampo.
5. Jika Anda merasa ketombe sudah mulai menghilang hentikan memakai shampo anti ketombe. Seseorang yang tak berketombe cenderung malah akan berketombe jika sering menggunakan shampo anti ketombe. Hentikan pemakaian jika Anda sudah tak lagi berketombe.


Cara Kedua :
Siapkan kulit pisang dan jemur sampai kering, kemudian dibakar. Endapkan kulit pisang yang telah dibakar tersebut dalam segelas air selama 2-3 hari. Gunakan air rendaman tersebut untuk mencuci rambut Anda.
Ramuan tersebut dapat menghilangkan ketombe dan mencegah tumbuhnya uban di kepala Anda, serta membuat rambut Anda menjadi hitam. Sedangkan abu yang terendam dapat dimanfaatkan sebagai pencuci alat-alat dapur, terutama yang terbuat dari aluminium. (NN)

Cara Ketiga :
 
Cara  dengan Ramuan Mengkudu dan Nanas

Coba atasi dengan cara tradisional berikut jika Anda mengalami masalah ketombe:
Bahan:
100 cc Air perasan jeruk purut
200 cc Air nanas
100 cc Santan kelapa
Cara pembuatan:
1. Campurkan semua bahan jadi 1.
2. Masukkan dalam wadah tertutup.
3. Gunakan sebagai shampo 3-4 kali seminggu.
Untuk resep dari buah mengkudu, simak resep berikut ini:
Bahan:
2-3 buah Mengkudu matang
Cara pembuatan:
1. Bersihkan buah mengkudu, lalu parut. Tambahkan sedikit air, aduk rata, lalu oleskan pada kulit kepala sambil pijat perlahan.
2. Oleskan lagi hingga merata, biarkan mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih.
3. Lakukan 3 kali seminggu hingga gatal dan ketombe menghilang.
(dari berbagai sumber

Cara Keempat : 

Usir Ketombe dengan Minyak Zaitun, Jus Apel, Minyak Almon, dan Baking Soda 

Yang paling menyebalkan dari ketombe adalah kulit kepala yang gatal dan kelupasan kulit yang mengotori keindahan rambut. Selain terlihat tidak sedap, ketombe juga membahayakan kesehatan kulit kepala dan rambut. Sebelum Anda mencoba obat-obatan kimiawi yang keras pada kepala, coba atasi masalah ini dengan pengobatan alami. Berikut di antaranya;

Minyak zaitun
Gunakan minyak zaitun yang sudah dipanaskan dan aplikasikan pada kulit kepala. Kombinasikan dengan mandi uap, yang bisa membantu mengusir zat-zat yang merusak kulit kepala dan rambut Anda. Panaskan minyak zaitun dalam mangkuk, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut. Pijat kulit kepala Anda, lalu bungkus dengan handuk lembab, biarkan selama 10-15 menit. Lakukan ini beberapa kali seminggu. Minyak zaitun memberikan kelembaban pada kulit yang mengelupas karena ketombe.
Jus apel
Anda bisa membuat tonik rambut dari buah apel untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala. Caranya, ambil sari dari buah apel. Campurkan 2 sendok makan jus apel dengan 2 sendok makan air hangat. Kemudian, tuangkan campuran tadi ke rambut sebelum keramas, pijat-pijat pada rambut hingga seluruh rambut dan kulit kepala terkena campuran tadi. Biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas. Lakukan seminggu sekali, dan lihat hasilnya setelah minggu ketiga.
Minyak almon
Pijat kulit kepala dengan minyak almon, lalu bungkus rambut menggunakan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Pastikan handuk dalam keadaan hangat. Lakukan hal ini setidaknya 2 kali per minggu.
Baking soda
Anda bisa campurkan baking soda pada shampo yang akan Anda gunakan, lalu usapkan pada rambut. Biarkan selama 2 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan hal ini setidaknya 2 kali seminggu hingga ketombe tak ada lagi.
Sumber: becomegorgeous
 
 



0 komentar:

Posting Komentar